Rechercher dans ce blog

Monday, July 3, 2023

Vietnam Larang Barbie Tayang usai Ada Peta Laut China Selatan di Film - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Vietnam melarang penayangan film Barbie buatan Warner Bros karena menampilkan peta Laut China Selatan versi Beijing dalam salah satu adegan.

Film adaptasi dari tokoh fiksi kartun Barbie ini mulai tayang 19 Juli mendatang.

Media pemerintah Vietnam, Tuoi Tre, melaporkan peta tersebut menunjukkan "wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan."

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar yang menyinggung dari sembilan garis putus-putus," kata Kepala Departemen Sensor dan Perizinan Film Asing Vietnam, Vi Kien Thanh, kepada koran itu.

Peta dalam salah satu adegan Barbie dilaporkan memperlihatkan sembilan garis putus-putus atau nine dash-line berbentuk U melintang di Laut China Selatan.

[Gambas:Video CNN]

Sampai saat ini, dikutip The Straits Times, Warner Bros belum memberikan respons atas protes Vietnam tersebut.

Garis 'nine dash-line' kerap digunakan China untuk mengilustrasikan klaim teritorialnya di Laut China Selatan.

Sementara itu, klaim China atas lebih dari 90 persen Laut China Selatan itu tumpang tindih dengan wilayah perairan negara di Asia Tenggara termasuk Vietnam.

Meski klaim China atas Laut China Selatan telah dimentahkan Pengadilan Arbitrase Internasional pada 2016 lalu, Beijing terus menekankan pengaruhnya atas perairan tersebut dengan membangun pulau buatan hingga menempatkan instalasi militer di kawasan tersebut.

(rds)

Adblock test (Why?)


Vietnam Larang Barbie Tayang usai Ada Peta Laut China Selatan di Film - CNN Indonesia
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...