Rechercher dans ce blog

Thursday, June 1, 2023

12 Film dan Drama Korea tentang Penyembuhan Trauma, Ratingnya Tinggi Bun - HaiBunda

Film dan drama Korea telah lama menjadi sumber hiburan yang menginspirasi dan memikat penonton di seluruh dunia. Salah satu tema yang sering diangkat dalam produksi Korea adalah penyembuhan trauma.

Melalui cerita yang penuh emosi dan berbagai karakter yang kuat, film dan drama Korea dengan tema ini berhasil menggambarkan perjalanan penyembuhan trauma yang penuh perjuangan. Film dan drama Korea tentang penyembuhan trauma tidak hanya mengangkat isu-isu yang rumit, tetapi juga memberikan pesan-pesan penting tentang kekuatan dari sebuah perjuangan, rasa empati, dan harapan.

Kali ini Bubun telah merangkum 12 film dan drama Korea tentang penyembuhan trauma terbaik yang meraih rating tertinggi. Menampilkan perjalanan emosional yang kuat dan pesan-pesan yang mampu menginspirasi dan menyentuh hati penonton.


6 drama Korea tentang trauma masa lalu dan masa kecil terbaik rating tertinggi

Salah satu tema yang sering dieksplorasi dalam drama Korea adalah trauma masa lalu dan masa kecil. Dengan penggambaran yang mendalam dan emosional, drama Korea mampu menyampaikan kisah-kisah yang menggugah hati tentang pengaruh traumatis yang memengaruhi kehidupan karakter utama.

d

Dalam artikel ini, Bubun akan menghadirkan enam drama Korea tentang trauma masa lalu dan masa kecil terbaik dengan rating tertinggi. Dari konflik emosional hingga proses penyembuhan yang penuh harapan, drama-drama ini berhasil menarik perhatian dan menggugah perasaan penonton.

1. It’s Okay To Not Be Okay (2020)

It’s Okay To Not Be Okay (2020)/Dok.Netflix
Drama Korea It’s Okay To Not Be Okay (2020)/Dok.Netflix

Moon Gang Tae adalah seorang pekerja kesehatan di bangsal psikiatri. Di sisi lain, Ko Moon Young adalah seorang penulis terkenal namun terlihat egois, sombong, dan kasar karena menderita gangguan kepribadian antisosial. Keduanya secara tak terduga jatuh cinta.

Drama It's Okay To Not Be Okay mengisahkan tentang kehidupan Gang Tae, yang merawat saudaranya yang mengalami autisme, Moon Sang Tae, sehingga tidak memiliki waktu untuk hubungan pribadi. Sementara itu, Moon Young terus dihantui oleh luka emosionalnya sendiri. 

  • Rating Mydramalist : 8.9/10
  • Genre: romantis, drama
  • Pemain utama: Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, Oh Jung Se as
  • Jumlah episode : 16 episode
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Kill Me, Heal Me  (2015)

Kill Me, Heal Me  (2015)/Dok.MBC
Drama Korea Kill Me, Heal Me  (2015)/Foto: MBC

Dalam drama Kill Me Heal Me, mengisahkan Cha Do Hyun, seorang pria kaya yang menderita gangguan kepribadian ganda. Dalam upaya penyembuhannya, ia menjadi pasien dari psikiater Oh Ri Jin, Do Hyun bertemu dengan Ri Jin, yang tanpa disangka memiliki keterkaitan masa kecil yang terkait dengan traumanya.

Ternyata salah satu kepribadian dalam dirinya jatuh cinta pada Ri Jin. Drama ini menggambarkan perjuangan Do Hyun dalam menghadapi gangguan kepribadian disosiatif (DID) yang dihadapinya.

  • Rating Mydramalist: 8,3/10
  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Ji Sung, Hwang Jung Eum, Park Seo Joon, Kim Yoo Ri, Oh Min Seok, Choi Won Young
  • Jumlah episode: 20 episode
  • Situs atau platform menonton: Netflix, WeTv

3. Be Melodramatic (2019)

Be melodramatic (2019)/ Dok. JTBC
Drama Korea Be Melodramatic (2019)/ Foto: JTBC

Drama Be Melodramatic, kita mengikuti kisah tiga wanita, Im Jin Joo, Lee Eun Jung, dan Hwang Han Joo, yang menghadapi masa-masa penting dalam hidup mereka saat memasuki usia 30 tahun. Lim Jin Joo adalah seorang penulis skenario pemula yang sedang menghadapi patah hati setelah menjalin hubungan selama tujuh tahun.

Lee Eun Jung adalah seorang sutradara dokumenter yang menderita PTSD dan sering mengalami halusinasi tentang masa lalunya  dengan mantan pacarnya yang telah meninggal. Hwang Han Joo adalah seorang ibu tunggal yang berjuang menghadapi tantangan dalam mengurus anaknya sendirian.

Drama ini menggambarkan perjuangan realistis yang dihadapi oleh para perempuan pada usia 30 tahun, menggali lebih dalam ke dalam kehidupan mereka yang rumit dan penuh dengan tantangan.

  • Rating Mydramalist : 8.4/10
  • Genre :  komedi, romantis, life, melodrama
  • Pemain utama: Chun Woo Hee, Jeon Yeo Been, Han Ji Eun, Ahn Jae Hong 
  • Jumlah episode: 16 episode
  • Situs atau platform menonton: Netflix

4. It’s Okay, That’s Love (2014)

It’s Okay, That’s Love (2014)/Dok.SBS
Drama Korea It’s Okay, That’s Love (2014)/Foto: SBS

Drama ini mengisahkan tentang Jang Jae Yeol, seorang penulis novel misteri dan pembawa acara radio, yang mengalami gangguan mental akibat trauma masa lalu termasuk pelecehan. Ia didiagnosis menderita obsessive compulsive disorder (OCD) dan skizofrenia, yang mempengaruhi perilaku dan menyebabkan ia mengalami halusinasi dan delusi.

Seorang psikiater yang juga memiliki trauma masa lalu akibat perselingkuhan ibundanya. Ji Hae Soo mengidap genophobia, suatu fobia yang membuatnya takut menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seksual.

Melalui pertemuan mereka, keduanya saling mendukung dan mencoba menyembuhkan luka-luka emosional mereka.

  • Rating MyDramalist: 8,0/10
  • Genre: psychological, komedi, romantis, drama
  • Pemain utama: Gong Hyo Jin, Lee Kwang Soo, D.O, Lee Sung Kyung, Sung Dong Il, Jin Kyung, Jang Ki Yong
  • Jumlah episode: 16 episode
  • Situs atau platform menonton: IQIYI

5. Just Between Lovers

Just Between Lovers/Dok.JTBC
Drama Korea Just Between Lovers/Foto: JTBC

Drama ini mengisahkan kecelakaan tragis yang menimpa Lee Kang Doo dan Ha Moon Soo ketika mereka masih kecil. Saat mereka dewasa dan bekerja bersama di lokasi konstruksi, mereka akhirnya jatuh cinta.

Namun, keduanya harus menghadapi dampak dari kejadian traumatis tersebut yang menghancurkan harapan dan impian mereka. Lee Kang Doo menjadi dukungan bagi Moon Soo dalam proses penyembuhan trauma masa lalunya. Mereka saling mendukung dan bersama-sama mencari tujuan hidup baru.

Dalam perjalanan mereka, mereka belajar untuk melampaui trauma dan rasa sakit yang mereka alami. 

  • Rating  Mydramalist: 8,5/10
  • Genre: psychological, romantis, melodrama
  • Pemain utama: Junho, Won Jin Ah
  • Jumlah episode : 16 episode
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Disney

6. Age of Youth/ Hello My Twenties (2016)

Hello My Twenties (2016)
Drama Korea Hello My Twenties (2016)/Foto: JTBC

Drama ini mengisahkan lima gadis yang menginjak usia 20 tahun dan tinggal bersama di sebuah indekos bernama Belle Epoque. Setiap gadis memiliki impian dan masalah yang berbeda-beda.

Gadis baru di indekos bernama Yoo Eun Jae, seorang mahasiswa psikologi berusia 20 tahun yang berasal dari pedesaan. Eun Jae digambarkan sebagai sosok yang cenderung menyendiri, sulit dalam mengungkapkan perasaan karena sering terbayang-bayang trauma masa kecilnya.

  • Rating Mydramalist : 8.5/10
  • Genre: komedi, romantis, slice of life, drama
  • Pemain utama: Han Ye Ri, Han Seung Yeon, Park Eun Bin, Park Hye Soo, Ryu Hwayoun
  • Jumlah episode : 12 episode
  • Situs atau platform menonton: -

6 rekomendasi film Korea dengan tema trauma healing terbaik 

Film dengan tema trauma healing merupakan genre yang mengundang perhatian karena menawarkan perjalanan emosional yang mendalam dan proses pemulihan yang menginspirasi. Film-film dengan tema ini berhasil memberikan perspektif yang mendalam tentang bagaimana trauma masa lalu dapat memengaruhi kehidupan seseorang, namun juga memberikan gambaran mengenai pentingnya harapan dan penyembuhan setelahnya.

Kali ini Bubun akan memberikan daftar film Korea dengan tema trauma healing terbaik dengan cerita yang mendalam dan bermakna.

1. Little Forest (2018)

Little Forest (2018)/Dok.Watermelon Pictures
Film Little Forest (2018)/Foto: Watermelon Pictures

kisah seorang wanita muda yang kembali ke desanya, tempat ia dibesarkan, setelah mengalami kekecewaan dalam mengejar mimpi di kota besar. Saat kembali, ia menemukan ibundanya tidak ada di rumah. Namun, ia menemukan jejak-jejak sang ibunda.

Dalam perjalanan pulang, wanita tersebut berbagi momen-momen hangat dengan dua teman masa kecilnya. Salah satu teman mencoba mencapai impian sulitnya di kota Seoul, sementara yang lain tetap setia pada kampung halamannya yang seakan menjadi mimpi yang sulit dipahami.

  • Rating Mydramalist: 8.4/10
  • Genre:  drama, komedi
  • Pemain utama: Kim Tae Ri, Ryu Jun Yeol, Moon So Ri
  • Durasi :  1 jam 43 menit
  • Situs atau platform menonton: Disney+, Viu

2. Thread of Lies (2014) 

Thread of Lies (2014) /Dok.CJ Entertainment
Film Thread of Lies (2014) /Foto: CJ Entertainment

Thread of Lies adalah sebuah film yang mengisahkan dampak tragis dari bunuh diri seorang gadis berusia 14 tahun. Melibatkan ibunda dan kakak perempuan gadis tersebut dalam upaya mereka untuk mengungkap misteri di balik kematian tragis.

Hyun Sook, seorang ibu tunggal janda, berjuang membesarkan dua putrinya sambil bekerja di sebuah toko kelontong. Tiba-tiba putri bungsunya, Cheon Ji, mengakhiri hidup dengan cara tragis.

Mereka merasa bersalah dan marah, mencoba memahami apa yang telah terjadi. Film ini menggambarkan perjuangan keluarga menyembuhkan trauma dan mengungkap kasus di balik kematian salah satu anggota keluarganya.

  • Rating mydramalist: 7.9/10
  • Genre: drama
  • Pemain utama: Kim Hee Aee,  Go Ah Sung, Kim Yoo Jung, Kim Hyang Gi
  • Durasi : 1 jam 58 menit
  • Situs atau platform menonton: IQIYI

3. My Bossy Girl (2019) 

My Bossy Girl (2019) /Dok.EonTalk
Film My Bossy Girl (2019) /Foto: EonTalk

Hari festival universitas telah tiba, di mana setiap orang memiliki kesempatan bertemu dengan orang baru. Di klub robot, ada tiga pria yang menyebut diri mereka sebagai Smart Avengers of the Engineering College. Pada saat itu, Hye Jin merupakan seorang pemanah difabel yang mengalami trauma masa lalu dan Hwi So, seorang mahasiswa teknik.

Pemanah difabel tersebut memiliki latar belakang yang penuh tantangan, namun memiliki kemampuan luar biasa dalam memanah. Di sisi lain, mahasiswa teknik memiliki kepribadian yang kuat dan seringkali bersikap dominan. Keduanya harus mengatasi trauma masa lalu dan tantangan yang dihadapi dalam perjalanan mereka.

  • Rating mydramalist: 7.8/10
  • Genre: romantis, drama
  • Pemain utama: Lee Elijah, Hye Jin,  Ji Il Joo, Hwi So
  • Durasi :  1 jam 40 menit
  • Situs atau platform menonton: -

4. One Day (2017)

One Day (2017)/Dok.Opus Pictures
Film One Day (2017)/Foto: Opus Pictures

Seorang pemeriksa asuransi yang mengalami trauma akibat kematian istrinya, Gang Soo, memulai kembali pekerjaannya dengan mengambil kasus Mi Soo, seorang wanita yang sedang dalam keadaan koma. Namun, saat ia mengunjungi rumah sakit, ia malah bertemu dengan seorang wanita yang mengklaim dirinya sebagai Mi Soo.

Pertemuan mereka secara tak terduga menjadi penyembuh bagi depresi Gang Soo, meskipun ia tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang tersembunyi di balik sosok Mi Soo tersebut.

  • Rating mydramalist: 7.7/10
  • Genre: komedi, romantis, life, supernatural
  • Pemain utama:  Kim Nam Gil, Chun Woo Hee
  • Durasi : 1 jam 54 menit
  • Situs atau platform menonton: -

5. Love 911 (2012) 

Love 911 (2012) /Dok, Next Entertainment World
Film Love 911 (2012) /Foto: Next Entertainment World

Kang Il, seorang petugas pemadam kebakaran yang mengalami trauma setelah kehilangan sang istri. Kang Il bertemu dengan Mi Soo, seorang dokter yang sedang menghadapi masalah hukum, dan dia mencoba mendekati Kang Il.

Meskipun awalnya hubungan mereka rumit, mereka mulai saling jatuh cinta saat bekerja bersama dalam tugas penyelamatan yang berbahaya. Namun, masalah muncul ketika Kang Il mengetahui rahasia sebenarnya dan konflik emosionalnya terkait masa lalu istrinya. 

  • Rating  mydramalist :  8.2/10
  • Genre: romantis, drama
  • Pemain utama: Jin Seo Yeon, Ha Yoon, Oh Yoo Na
  • Durasi :  2 jam
  • Situs atau platform menonton: -

6. Hope (2013)

Hope (2013)/Dok.Lotte Entertainment
Film Hope (2013)/Foto: Lotte Entertainment

Hope adalah film yang diadaptasi dari salah satu kasus kriminal yang terkenal di Korea Selatan. Mengisahkan seorang gadis kecil bernama Sowon yang berusia delapan tahun, yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual saat pergi ke sekolah oleh seorang pria mabuk.

Insiden ini menyebabkan luka emosional yang dalam pada Sowon dan dia membutuhkan operasi besar. Selain itu, film ini juga menyoroti perjuangan ayahnya yang berusaha melindungi, menghibur dan menyembuhkan trauma Sowon pada laki-laki dewasa saat ia menghadapi trauma yang mendalam, termasuk ayahnya sendiri.

  • Rating Mydramalist: 9.0/10
  • Genre: psychological, life, drama
  • Pemain utama: Sol Kyung Gu, Uhm Ji Won, Lee Re, Kim Hae Sook, Ra Mi Ran
  • Durasi : 2 jam 2 menit
  • Situs atau platform menonton: Netflix

Film dan Ddama Korea tentang penyembuhan trauma terbaik rating tertinggi menampilkan kisah-kisah yang menggugah dan menyentuh hati penonton. Dalam film-film dan drama-drama ini, penonton diajak untuk memahami trauma dan proses penyembuhannya.

Melalui cerita-cerita yang kuat dan mengharukan, film dan drama Korea tentang penyembuhan trauma ini mampu menyentuh hati penonton dan memberikan pengalaman yang mendalam. Bukan hanya hiburan semata, tetapi juga menjadi sumber inspirasi dan harapan bagi mereka yang sedang menghadapi trauma atau ingin lebih memahami pengalaman orang lain.

Semoga daftar di atas bisa menjadi referensi tontonan untuk Bunda ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Adblock test (Why?)


12 Film dan Drama Korea tentang Penyembuhan Trauma, Ratingnya Tinggi Bun - HaiBunda
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...