Rechercher dans ce blog

Wednesday, May 31, 2023

20 Film tentang Psikologi Terbaik dengan Rating Tertinggi - HaiBunda

Film tentang psikologi menjadi tontonan yang menarik, karena menggambarkan potret manusia dalam keadaan berbagai kondisi psikologis. Beberapa karya film-film ini memperluas pandangan kita tentang kehidupan dan kondisi manusia.

Bahkan setiap film menawarkan sudut pandang unik tentang psikologi manusia.  Bubun merekomendasikan 20 film tentang psikologi terbaik sepanjang masa yang telah meraih rating tertinggi.

Siapkan diri Bunda menjelajahi kisah-kisah yang menggugah pikiran, tayangan yang menantang, dan mengubah cara kita memandang diri dan dunia di sekitar kita. Berikut daftar filmnya.


5 film psikologi Indonesia dari kesehatan mental hingga depresi remaja

Film-film psikologi Indonesia telah menjadi salah satu media yang mengangkat isu-isu kesehatan mental, termasuk depresi remaja, yang seringkali diabaikan dalam masyarakat. Film-film ini yang menggambarkan pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh individu dalam konteks kesehatan mental, dengan fokus pada depresi remaja.

Dengan mengeksplorasi film-film ini, kita dapat memperluas pemahaman kita tentang kesehatan mental, depresi remaja dan isu-isu seputar kesehatan mental.

Kali ini Bubun merekomendasikan lima film psikologi Indonesia dari kesehatan mental hingga depresi remaja.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)/Dok.Astro Shaw
Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)/Foto: Astro Shaw

Dirilis pada tahun 2021, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini mengangkat isu kesehatan mental. Film ini mengisahkan tentang tiga kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia, namun semuanya berubah setelah Awan mengalami kegagalan besar dalam hidupnya.

Nasib mempertemukannya dengan Kale, yang menjadi mentornya dalam menghadapi liku-liku kehidupan, termasuk mengatasi kegagalan, pertumbuhan, kehilangan, dan ketakutan. Namun, perubahan sikap Awan tidak diterima oleh orang tua mereka, yang terus mendorongnya untuk kembali ke kehidupan sebelumnya.

Tekanan ini memicu pemberontakan dari ketiga kakak beradik tersebut, mengungkap sisi gelap keluarga mereka yang tersembunyi dan menghadapi trauma yang mereka simpan. 

  • Genre: keluarga, drama
  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Pemain utama: Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Kukira Kau Rumah (2021) 

Kukira Kau Rumah (2021) /Dok.MD Pictures
Film Kukira Kau Rumah (2021) /Foto: MD Pictures

Niskala Widiatmika, yang mengalami gangguan bipolar, tidak diizinkan oleh sang ayah, Dedi, untuk melanjutkan sekolah. Namun, teman-teman kecil Niskala, Dinda dan Oktavianus, berhasil membawa Niskala kuliah secara diam-diam dengan izin ibundanya, Mella.

Suatu ketika, Niskala bertemu dengan Pram, dan mereka semakin dekat, bahkan menjadi pengisi acara di sebuah kafe tempat Pram bekerja. Kedekatan mereka membuat ibunda marah dan memarahi sahabat-sahabat Niskala karena Niskala semakin jarang berada di rumah.

  • Genre: keluarga, drama
  • Rating IMDb: 5.2/10 
  • Pemain utama: Prilly Latuconsina; ‎Jourdy Pranata
  • ‎Situs atau platform menonton: -

3. Posesif (2017)

Dok/Palari Films
Film Posesif (2017)/Foto: Palari Films

Film Posesif mengisahkan tentang kisah cinta remaja SMA yang tumbuh dengan cepat namun sulit untuk dilepaskan. Lala, seorang siswi kelas 3 yang juga seorang atlet lompat indah, awalnya mencetak banyak prestasi yang membanggakan.

Namun, segalanya berubah saat seorang siswa baru, Yudhis, datang dalam hidupnya. Keduanya saling tertarik dan memulai hubungan pacaran. Namun, Yudhis memiliki sifat yang semakin aneh, dan Lala yang terbuai oleh cinta tidak menyadari mana yang benar dan salah.

  • Genre: drama, romantis
  • Rating IMDb : 7,3/10
  • Pemain utama:  Putri Marino, Chicco Kurniawan, Adipati Dolken, Maulidina Putri
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Vidio

4. My Idiot Brother (2014)

My Idiot Brother (2014)/Dok.Film One Productions
Film My Idiot Brother (2014)/Foto: Film One Productions

Film My Idiot Brother diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Agnes Davolar. Cerita film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang laki-laki berkebutuhan khusus.

Fokus cerita film ini adalah kehidupan seorang remaja perempuan bernama Angel, yang memiliki kakak bernama Hendra yang berkebutuhan khusus. Angel sering kali dihina oleh teman-temannya karena memiliki kakak yang dianggap 'idiot', sehingga Angel merasa kesulitan menerima Hendra sebagai kakaknya.

  • Genre: drama
  • Rating IMDb: 8.2/10
  • Pemain utama: : Adila Fitri, ‎Ali Mensan‎, ‎Kimberly Ryder
  • Situs atau platform menonton: -

5. 27 Steps Of May (2018)

27 Steps Of May (2018)/Dok.Netflix
Film 27 Steps Of May (2018)/Foto: Netflix

Film 27 Steps of May pertama kali ditayangkan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018. Film ini mengisahkan kehidupan seorang gadis bernama May yang menjadi korban kekerasan seksual selama peristiwa kerusuhan 98 ketika ia masih sekolah pada tahun 1998.

Trauma dari kejadian tersebut membuat May enggan keluar dari kamarnya selama delapan tahun. Ia ketakutan dan lebih aman di dalam kamarnya. May tinggal bersama ayahnya yang pembuat boneka dan petinju, tetapi hubungan mereka terhenti setelah kejadian tersebut. Namun, kehidupan May berubah ketika ia bertemu dengan seorang pesulap melalui lubang di dinding kamarnya. 

  • Genre: drama
  • Rating IMDb : 8/10
  • Pemain utama:  Raihaanun, Lukman Sardi and Ario Bayu.
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Vidio

5  film psikologi yang membahas kepribadian ganda terbaik rating tertinggi

Film-film yang membahas kepribadian ganda telah menjadi daya tarik bagi penonton karena membawa kita ke dalam dunia yang penuh misteri, ketegangan, dan konflik internal, saat kita menyaksikan karakter utama berjuang dengan identitas yang terpecah. Kali ini Bubun akan merekomendasikan film-film tentang kepribadian ganda yang telah meraih rating tertinggi.

1. Glass (2019)

Dok. Universal Pictures
Fiilm Glass (2019)/Foto: Universal Pictures

Film Glass mengisahkan tentang David Dunn, Kevin Wendell Crumb, dan Elijah Price yang ditahan di sebuah institut. Mereka dipertemukan dengan Dr. Ellie Staple, yang percaya bahwa mereka menderita delusi dan tidak memiliki kekuatan super.

Namun, Elijah merencanakan pelarian dengan bantuan Kevin, yang berubah menjadi The Beast. Mereka bersama-sama melarikan diri dan Elijah berencana mengungkapkan keberadaan manusia super kepada dunia dengan memicu kehancuran di Menara Osaka.

Di sisi lain, Casey, Joseph, dan Nyonya Price juga terlibat dalam pertarungan ini.

  • Genre: thriller, drama
  • Rating IMDb : 6.6/10
  • Pemain utama: James McAvoy, Bruce Willis, Samuel L. Jackson
  • Situs atau platform menonton: -

2. Split (2016)

Dok.Universal Pictures
Film Split (2016)/Foto: Universal Pictures

Film Split mengisahkan tentang Kevin Wendell Crumb, seorang pria dengan gangguan identitas disosiatif (DID) yang memiliki 23 kepribadian berbeda. Beberapa kepribadiannya, seperti Dennis dan Patricia, percaya pada entitas misterius yang disebut 'The Beast' yang memiliki rencana untuk membersihkan dunia.

Kevin menculik tiga gadis dan menyekap mereka di bawah Kebun Binatang Philadelphia. Sementara itu, terapisnya, Dr. Karen Fletcher, menyadari perubahan kepribadian Kevin dan mencoba berbicara dengannya. Namun, ia justru menjadi korban Dennis dan terkunci.

  • Genre: thriller, horor
  • Rating: 7.3/10
  • Pemain utama:  James McAvoy, Anya Taylor-Joy, and Betty Buckley
  • Situs atau platform menonton: Apple TV

3. Identity (2003)

Identity (2003)/Dok. Columbia Pictures
Film Identity (2003)/Foto: Columbia Pictures

Seorang terpidana bernama Malcolm Rivers menunggu eksekusi atas pembunuhan massal yang kejam. Sepuluh orang asing terdampar dalam sebuah motel terpencil di Nevada saat terjadi badai.

Mereka menjadi target pembunuh yang misterius. Selama persidangan, buku harian Malcolm mengungkapkan ia memiliki gangguan identitas disosiatif yang dia derita. 

  • Genre: thriller, misteri
  • Rating IMDb: 7.3/10
  • Pemain utama:  John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet 
  • Situs atau platform menonton: -

4. Hide and Seek (2005)

Hide and Seek (2005)/Dok.20th Century Studios
Film Hide and Seek (2005)/Foto: 20th Century Studios

David pindah ke Upstate New York setelah kematian sang istri. Putrinya, Emily, memiliki teman khayalan bernama Charlie. Peristiwa aneh terjadi di rumah mereka.

Emily mengungkapkan bahwa Charlie dan dia ingin mengecewakan David. Emily membuat David khawatir dengan mengklaim bahwa Charlie telah membunuh orang. Jangan terkejut Bunda karena film ini memiliki plot twist yang tak diduga-duga.

  • Genre: thriller, horor
  • Rating IMDb:  5.9/10
  • Pemain utama:  Robert De Niro, Dakota Fanning
  • Situs atau platform menonton:-

5. Me, Myself & Irene (2000)

Me, Myself & Irene (2000)/Dok.20th Century Studios
Film Me, Myself & Irene (2000)/Foto: 20th Century Studios

Charlie Baileygates, seorang polisi lemah lembut di Rhode Island, dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitarnya termasuk sang istri, Layla, dan sopir limusin pernikahan mereka, Shonte. Setelah Layla meninggalkannya, Charlie mengasuh ketiga anak mereka sebagai ayah tunggal.

Dia mengembangkan kepribadian ganda bernama Hank Evans untuk menghadapi konfrontasi. Charlie mengawal Irene Waters dan mereka terlibat dalam pengejaran oleh agen FBI dan pembunuh bayaran.

Charlie dan Irene akhirnya diselamatkan oleh putra-putra Charlie. Charlie dan Irene berdamai, dan Charlie melamar Irene. 

  • Genre: komedi
  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Pemain utama:  Jim Carrey, Renée Zellweger, Chris Cooper
  • Situs atau platform menonton: -

5 rekomendasi film tentang tentang psikologi perkembangan anak terbaik

Penting bagi orang tua, pendidik, dan semua individu yang peduli dengan perkembangan anak-anak untuk memiliki pemahaman yang baik tentang psikologi perkembangan anak. Film-film yang menggambarkan perjalanan dan tantangan perkembangan anak dapat menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan yang berharga.

Bubun memberikan rekomendasi film-film terbaik yang mengangkat tema psikologi perkembangan anak, memberikan sudut pandang yang menarik dan berharga tentang bagaimana anak-anak tumbuh, belajar, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

1. The Ron Clark Story (2006)

The Ron Clark Story (2006)/Dok.Old Beantown Films
Film The Ron Clark Story (2006)/Foto: Old Beantown Films


Pada tahun 1998, Ron Clark meninggalkan pekerjaannya di sekolah dasar di Carolina Utara karena ingin mengajar di New York yang lebih menantang. Dia ditempatkan di Inner Harlem Elementary School, di mana siswa-siswa diurutkan berdasarkan potensi mereka.

Meski ditawari kelas tiga, Clark memilih mengajar kelas enam yang sulit. Clark berjuang memahami siswa-siswanya. Dia menyadari bahwa akan ada pertarungan antara keinginannya dan siswa-siswanya.

  • Genre:  Drama
  • Rating IMDb : 7.5/10
  • Pemain utama: Matthew Perry, Melissa De Sousa, Patricia Idlette 
  • Situs atau platform menonton: -

2. The Beginning of Life (2016)

he Beginning of Life (2016)/Dok.Netflix
Film The Beginning of Life (2016)/Foto: Netflix

Penemuan dalam ilmu saraf telah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan masa kanak-kanak. Saat seseorang lahir, pengaruhnya tidak hanya terbatas pada genetik.

Faktor-faktor lain, seperti hubungan dengan lingkungan sekitar, juga berperan dalam membentuk perilaku dan perkembangan anak. Film ini adalah studi yang menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi dan apa yang penting bagi kita tumbuh kemang anak.

  • Genre: dokumenter, keluarga
  • Rating IMDb: 7.5/10
  • Pemain utama: Gisele Bündchen, Raffi, James Heckman, Alison Gopnik, Jack Shonkoff
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Inside Out (2015)

Dok. Walt Disney Studios
Film Inside Out/ Foto: Walt Disney Studios

Riley pindah ke San Francisco disana ia menghadapi perjuangan dengan lima kenangan inti yang dibentuk dari beberapa emosi diantaranya ada kegembiraan, kesedihan, ketakutan, jijik, dan kemarahan. Setiap pertumbuhan hidupnya ia akan menyimpan kenangan inti yang baru yang akan membentuk pulau-pulau kepribadian. 

  • Genre: keluarga, komedi
  • Rating IMDb : 8.1/10
  • Pemain utama:  Amy Poehler, Phyllis Smith, Richard Kind, Bill Hader, Lewis Black
  • Situs atau platform menonton: Disney Hotstar

4. The Little Prince (2015)

The Little Prince (2015)Dok. Paramount Pictures
Film The Little Prince (2015)/ Foto: Paramount Pictures

Seorang gadis kecil membaca kisah Pangeran Kecil dan terinspirasi oleh perjalanan dan kebijaksanaannya. Gadis itu memutuskan untuk mencari Pangeran Kecil dan memperbaiki bintang yang hilang. Ia berpetualang ke asteroid lain dan menemukan kenyataan yang tak terduga.

  • Genre: keluarga, petulangan
  • Rating IMDb : 7.7/10
  • Pemain utama: Jeff Bridges, Rachel McAdams, Paul Rudd, Bud Cort
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Let the Child Be the Guide (2017)

Let the child be the guide (2017)/Dok.Netflix
Film Let the Child Be the Guide (2017)/Foto: Netflix

Sutradara Alexandre Mourot membuat film di sebuah kelas sekolah Montessori Prancis, yang berfokus pada siswa berusia 3 hingga 6 tahun. Lingkungan sekolah ini tenang dan damai, dengan anak-anak bahagia dan bebas untuk menjalani kegiatan mereka sendiri atau dalam kelompok kecil. Alexandre melakukan pengamatan pada mereka sepanjang 1 tahun sekolah.

  • Genre: dokumenter
  • Rating IMDb : 7.3/10
  • Pemain utama: Anny Duperey, Christian Maréchal, Alexandre Mourot
  • Situs atau platform menonton: -

5 film thriller psikologis di Netflix terbaik rating tertinggi

Netflix telah menjadi sumber film-film terbaik salah satunya film thriller psikologis. Dari alur cerita yang menegangkan hingga plot yang rumit, film-film ini telah menghadirkan pengalaman yang mendebarkan bagi penonton.

Dalam artikel ini, Bubun akan memberikan rekomendasi film-film thriller psikologis terbaik di Netflix yang telah meraih rating tertinggi, menawarkan pengalaman sinematik yang menarik.

1. Memories Of Murder (2003)

Memories Of Murder (2003)/Dok.CJ Entertainment
Film Memories Of Murder (2003)/Foto: CJ Entertainment


Setelah membunuh ayahnya dan seorang wanita, Byeong Soo mengalami penyakit Alzheimer degeneratif. Dia berhenti membunuh dan merawat putrinya, Eun Hee. K

ondisi Byeong Soo semakin memburuk. Dia menjalin persahabatan dengan polisi setempat, Byeong Man. Byeong Soo dicurigai sebagai pelaku pembunuhan di kota kecil tersebut. Setelah menemukan bukti tersangka sebenarnya, dia mencoba membongkar kebenaran. 

  • Genre:  thriller, misteri, drama
  • Rating IMDb: 8.1/10
  • Pemain utama: Song Kang Ho, Kim Roe Ha, Kim Sang Kyung
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Call (2020)

Call (2020)/Dok.Netflix
Film Call (2020)/Foto: Netflix

Film Call (2020) adalah sebuah thriller misteri yang menggambarkan kisah Seo Yeon, seorang wanita yang menemukan sebuah bunker tersembunyi di rumah masa kecilnya. Di dalam bunker tersebut, ia menemukan telepon yang secara misterius terhubung dengan Oh Young Sook, seorang gadis dari tahun 1990.

Awalnya, pertemanan terjadi karena mereka dapat berkomunikasi melintasi waktu dan membantu satu sama lain. Namun, tindakan mereka justru membuat kekacauan dan konsekuensi yang tak terduga.

  • Genre: thriller, misteri
  • Rating IMDb : 7.1/10
  • Pemain utama: Park Shin Hye, Jeon Jong Seo, Kim Sung Ryung, Lee El
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Smile (2022)

Smile 2021/Dok. Paramount Players
Film Smile 2021/Foto: Paramount Players

Dr. Rose Cotter bertemu dengan Laura Weaver, seorang mahasiswa pascasarjana, yang menyaksikan profesornya bunuh diri dan mengalami teror misterius. Rose mengalami halusinasi dan dianggap gila oleh orang-orang di sekitarnya.

Dia mencari bantuan dari mantan terapisnya, Dr. Madeline Northcott, dan menghadiri pesta ulang tahun keponakannya yang berujung pada kejadian traumatis. Rose yakin bahwa dia telah dikutuk dan berusaha memahami sumber kutukan tersebut.

  • Genre: horor, psychological
  • Rating: -
  • Pemain utama:  Jessie T. Usher, Kyle Gallner, Kal Penn, Rob Morgan
  • Situs atau platform menonton: Apple TV

4. Orphan (2009)

Orphan (2009)/Dok. Warner Bros
Film Orphan (2009)/Foto: Warner Bros

Pernikahan Kate dan John Coleman menjadi tegang setelah kehilangan anak ketiga mereka yang lahir lalu meninggal. Mereka mengadopsi Esther, seorang gadis Rusia berusia 9 tahun, tetapi perilaku Esther yang aneh dan kejadian tragis mengancam kestabilan keluarga mereka. Kate curiga terhadap Esther dan mengungkap identitas aslinya.

  • Genre: horor, thriller 
  • Rating IMDb: 7,1/10
  • Pemain utama: Vera Farmiga, Peter Sarsgaard, Isabelle Fuhrman, CCH Pounder 
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Mystic River (2003) 

Dok.Warner Bros. Pictures
Film Mystic River/ Foto: Warner Bros. Pictures

Pada tahun 1975, Jimmy Markum, Sean Devine, dan Dave Boyle, berteman sejak dari Boston. Namun terjadi insiden penculikan dan pelecehan seksual terhadap Dave.

Dua puluh lima tahun kemudian, Jimmy menjadi mantan narapidana, sementara Sean adalah seorang detektif, dan Dave masih terhantui oleh trauma masa lalu. Ketika putri Jimmy dibunuh, Dave menjadi tersangka utama.

Namun Sean dan rekan detektifnya merasa janggal dan menyelidiki kasus tersebut, sementara Jimmy melakukan penyelidikan sendiri. 

  • Genre: crime, misteri, thriller
  • Rating IMDb: 7.9/10
  • Pemain utama:  Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon
  • Situs atau platform menonton: Netflix

Dalam sejarah perfilman, beberapa film yang luar biasa berhasil menggambarkan sisi psikologis karakter-karakternya, dan mengeksplorasi sisi gelap batin manusia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dan rating tinggi dari penonton.

Dengan menghadirkan narasi yang rumit, film tentang psikologi ini terus memikat penonton dan menjadi bagian penting dari sejarah perfilman.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Adblock test (Why?)


20 Film tentang Psikologi Terbaik dengan Rating Tertinggi - HaiBunda
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...