Rechercher dans ce blog

Monday, March 27, 2023

Film Buya Hamka Segera Tayang, Berikut Profil Hamka Ulama yang Sastrawan - Seleb Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Film Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi akan turut meramaikan jagat perfilman Tanah Air, akan tayang serentak mulai 20 April 2023. Secara khusus, film ini menyorot sepak terjang Buya Hamka semasa hidupnya. Sosok Buya Hamka memiliki peran berarti, baik bagi perkembangan sastra maupun Islam di Indonesia.   

Pemilik nama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah ini lahir di Kampung Molek, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908. Pemilik sapaan Buya Hamka ini lahir dari pasangan Abdul Karim Amrullah dan Siti Safiyah Binti Gelanggar. Panggilan Hamka merupakan akronim dari namanya sedangkan Buya adalah panggilan khas ulama untuk orang Minangkabau. 

Melansir Buya Hamka memiliki latar belakang pendidikan formal hanya sampai usia sepuluh tahun di bangku kelas dua SD Maninjau. Hamka banyak mendapatkan ilmu di luar pendidikan formal. Misalnya, Hamka mendalami ilmu agama di Sumatera Thawalib di Padang Panjang, sekolah Islam yang didirikan ayahnya.

Buya Hamka pun gemar belajar dengan sejumlah ulama, seperti Syeikh Ibrahim Musa, Syeikh Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjopranoto dan Ki Bagus Hadikusumo. Buya Hamka memiliki hobi membaca yang membuatnya menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik.

Pada 1927, Buya Hamka memulai karier sebagai guru agama di Perkebunan Tebingtinggi. Selain itu, ia berprofesi sebagai wartawan di sejumlah surat kabar, antara lain Pelita Andalas, Seruan Islam, dan Bintang Islam. Hamka juga merupakan sosok yang aktif di bidang politik, ditandai dengan keikutsertaannya di Sarekat Islam (SI) sebagai ketua umum. Pada 1928, Buya Hamka dipercaya sebagai ketua dari cabang Muhammadiyah di Padang Panjang. Hamka pernah pula menjabat sebagai konsul Muhammadiyah di Makassar pada 1931. 

Melalui tangannya, Buya Hamka turut mewarnai sastra Indonesia dengan sejumlah karya. Novel berjudul Si Sabariah merupakan karya pertamanya pada 1928. Beberapa karya fiksinya ada yang diangkat menjadi film, seperti Di Bawah Lindungan Ka'bah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Pilihan Editor: Film Buya Hamka Tayang 20 April 2023, Kisah Pahlawan yang Saat Wafat Ingin Dekat dengan Rakyat

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Adblock test (Why?)


Film Buya Hamka Segera Tayang, Berikut Profil Hamka Ulama yang Sastrawan - Seleb Tempo
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...