Rechercher dans ce blog

Wednesday, February 22, 2023

Sutradara Cerita Inspirasi di Balik Reruntuhan di Film Suzume - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Makoto Shinkai bercerita soal inspirasinya dalam membuat film anime Suzume no Tojimari. Shinkai ingin membuat film yang bercerita tentang fenomena yang sedang terjadi di Jepang masa kini, yaitu soal penurunan tingkat populasi.

"Saya ingin membuat cerita petualangan, jadi saya bertanya-tanya di mana saya bisa mengaturnya di Jepang saat ini," kata Makoto Shinkai kepada Variety, Minggu (19/2).

"Saya menaruhnya di haikyo (reruntuhan), tempat yang ditinggalkan karena populasinya berkurang," lanjutnya.

Shinkai merasa haikyo ini tidak bisa dihindari karena tingkat populasi di Jepang menurun dengan cepat. Hal tersebut, jelas Shinkai, berpengaruh pada kondisi ekonomi Jepang yang merosot secara bertahap.

Sehingga, ia ingin mengungkapkannya keresahannya lewat film meskipun tersadar bahwa filmnya tidak akan mengubah keadaan.

"Saya ingin mengambarkan perasaan itu dalam film, meskipun menurut saya tugas animasi bukanlah untuk menghentikan penurunan populasi atau memulihkan reruntuhan," jelas Shinkai.

Film Suzume no Tojimari berhiaskan latar reruntuhan bangunan yang terbengkalai di Jepang, lalu dibalut dengan cerita petualangan seorang gadis remaja yang menghadapi bencana.

Shinkai mengungkapkan bahwa cerita petualangan yang dihadapi Suzume, protagonis utama film tersebut, berada di Tohoku karena daerah tersebut pernah dilanda gempa dahsyat dan tsunami pada 2011 silam.

"Tohoku tentu saja bukan reruntuhan, tapi merupakan tempat banyak orang meninggal dunia. Sebagian (bangunan) menjadi tidak bisa dihuni sehingga banyak bangunan di sana menjadi reruntuhan," ujar sutradara 50 tahun itu.

Suzume no Tojimari atau Suzume mengisahkan Suzume, remaja 17 tahun yang memulai perjalanannya di Kyushu usai bertemu pria muda yang sedang mencari pintu.

Ia kemudian menemukan satu pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan, seolah terlindung dari bencana apa pun yang terjadi dan menghancurkan sekelilingnya.

Ketika ia membuka pintu tersebut, kehancuran mulai terjadi di sekelilingnya. Hal tersebut membuat Suzume harus menutup pintu portal itu untuk mencegah bencana.

[Gambas:Video CNN]

Suzume menjadi film terbaru Makoto Shinkai hampir tiga tahun terakhir, usai merilis Weathering with You (Tenki no Ko) pada 2019. Shinkai kembali menyutradarai dan menulis film animasi tersebut.

Hokuto Matsumura dan Nanoka Hara dipercaya untuk memerankan dua karakter utama film anime terbaru Makoto Shinkai sebagai Souta Munakata dan Suzume Iwato.

Selain itu, Eri Fukatsu, Shota Sometani, Kana Hanazawa, Sairi Ito, Kotone Hanase, dan Matsumoto Koshiro IX juga mengisi suara film tersebut.

Suzume tayang di bioskop Indonesia mulai 8 Maret mendatang.

(pra)

Adblock test (Why?)


Sutradara Cerita Inspirasi di Balik Reruntuhan di Film Suzume - CNN Indonesia
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...