Rechercher dans ce blog

Sunday, January 14, 2024

Unsur dan Adegan Film Berpotensi Tak Lolos Sensor di Malaysia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Siksa Neraka ramai disorot setelah dilarang tayang di bioskop Malaysia hingga Brunei Darussalam. Kabar pelarangan itu diumumkan Antenna Entertainments, distributor film Indonesia di Malaysia.

Akun media sosial distributor itu mengunggah poster film Siksa Neraka dengan tulisan "banned" di tengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bagi kalian yang menantikan ini - Siksa Neraka dilarang tayang di Malaysia dan Brunei," tulis Antenna Entertainments.

Hingga saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut terkait adegan atau alasan larangan tayang untuk Siksa Neraka.

ADVERTISEMENT

Namun, larangan semacam itu bukan yang pertama terjadi di Malaysia. Larangan itu disebabkan oleh aturan sensor ketat dari lembaga sensor Malaysia alias Lembaga Penapis Filem Malaysia.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa film sesunggguhnya sempat dilarang tayang, seperti The Raid 2: Berandal, seri film The Purge karena adegan kekerasan, tapi film-film itu pada akhirnya berhasil lolos sensor dan rilis lewat dari jadwal awal.

Namun, Rumah Dara pada 2010 juga dilarang tayang di Malaysia karena adegan kekerasan, gore, dan kanibalisme di dalamnya. Belum ada informasi pula Siksa Neraka nantinya bisa tayang secara digital atau tidak di sana. 

Aturan sensor tersebut tertuang dalam pedoman penyensoran film atau Garis Panduan Penapisan Filem yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Pedoman tersebut juga mengacu kepada undang-undang Akta Penapisan Filem 2002 (Akta 620) yang berlaku di Malaysia.

Pedoman itu berisi aturan dan larangan soal muatan film yang muncul dalam cerita, visual, adegan, dialog, hingga tema.

Berikut empat unsur film yang kerap jadi pertimbangan Lembaga Penapis Filem Malaysia dalam menentukan penyensoran.

1. Keamanan dan ketertiban masyarakat

Unsur keamanan dan ketertiban masyarakat ikut menjadi pertimbangan penyensoran. Beberapa muatan yang dilarang muncul dalam film di Malaysia, yakni anarkisme, kebencian atas pemerintah, termasuk gambaran ketika kejahatan menang atas hal-hal baik.

Lembaga sensor juga melarang film dengan adegan keuntungan dari aksi kejahatan, penggunaan senjata secara kejam, hingga visual kekerasan dari jarak dekat secara bertubi-tubi.

Adegan penyiksaan manusia atau hewan juga turut masuk daftar larangan. Hal itu kemungkinan menjadi salah satu alasan Siksa Neraka tak lulus sensor karena menunjukkan adegan penyiksaan secara eksplisit.

2. Keagamaan

Keagamaan menjadi nilai yang disorot ketat oleh lembaga sensor Malaysia. Muatan yang berpotensi terkena sensor, seperti kampanye anti-Tuhan, bertentangan dengan ajaran dan hukum Islam, hingga merendahkan ulama.

Dalam konteks Siksa Neraka, film tersebut menampilkan adegan eksplisit yang berkaitan dengan bunuh diri. Adegan itu pun melanggar salah satu poin larangan, yakni menunjukkan adegan bunuh diri dengan durasi panjang.

Selain itu, aturan sensor di Malaysia juga melarang sebuah film menimbulkan keraguan serta kegelisahan masyarakat.

Lanjut ke sebelah...


Adblock test (Why?)


Unsur dan Adegan Film Berpotensi Tak Lolos Sensor di Malaysia - CNN Indonesia
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...