Rechercher dans ce blog

Sunday, July 23, 2023

Iran Larang Festival Film Pendek gegara Poster Aktris Tanpa Hijab - detikNews

Jakarta -

Pemerintah Iran melarang acara festival film pendek yang digelar Asosiasi Film Pendek Iran (ISFA). Pelarangan itu dikarenakan aktris dalam poster film tersebut tak mengenakan hijab.

Dilansir AFP, Senin (24/7/2023), laporan media pemeritah Iran megatakan pihak berwenang Iran melarang festival film yang memasang poster publisitas yang menampilkan aktres tanpa hijab atau jilbab. Poster untuk festival film pendek itu menampilkan Iran Susan Taslimi dalam film tahun 1982 "The Death of Yazdguerd" yang tak berjilbab.

"Menteri Kebudayaan secara pribadi telah mengeluarkan perintah untuk melarang Festival Film ISFA edisi ke-13, setelah menggunakan foto seorang wanita tanpa jilbab di posternya yang melanggar hukum," lapor kantor berita negara IRNA Sabtu malam.

Festival ini sebelumnya telah dijadwalkan akan diadakan pada bulan September.

Mengenakan hijab, menutupi kepala dan leher, telah diwajibkan bagi perempuan di Iran sejak tahun 1983, tak lama setelah revolusi Islam tahun 1979.

Namun, wanita Iran semakin mencemooh aturan berpakaian yang ketat sejak protes massal dimulai September lalu menyerukan diakhirinya kewajiban jilbab.

Protes selama berbulan-bulan dipicu oleh kematian Kurdi Iran Mahsa Amini berusia 22 tahun, yang telah ditangkap oleh polisi moralitas karena diduga melanggar aturan berpakaian Islami yang ketat.

Polisi Moral Iran Kembali Patroli

Polisi Iran mengumumkan bahwa pihaknya akan kembali berpatroli untuk menegakkan aturan berpakaian yang mengharuskan perempuan untuk menutupi rambut mereka di tempat umum.

Di Teheran, polisi moral Iran, baik petugas laki-laki maupun perempuan, terlihat tengah berpatroli di jalanan menggunakan mobil van, pada hari Minggu (16/07).

"Polisi akan melakukan patroli dengan mobil dan berjalan kaki untuk memperingatkan, mengambil tindakan hukum, serta merujuk ke pengadilan, bagi mereka yang tidak mematuhi perintah polisi dan mengabaikan konsekuensi dari cara berpakaian yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku," ujar juru bicara polisi Iran Saeed Montazer Almehdi, demikian menurut kantor berita resmi IRNA.

(aik/aik)

Adblock test (Why?)


Iran Larang Festival Film Pendek gegara Poster Aktris Tanpa Hijab - detikNews
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...