Rechercher dans ce blog

Monday, May 1, 2023

7 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023! Untuk menyemarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional, kamu bisa mengisinya dengan menonton film Indonesia bertema pendidikan.

Apalagi, ada banyak rekomendasi film Indonesia yang mengangkat tema ini dengan kisah-kisah yang menarik.

Mulai dari film yang mengangkat sudut pandang guru terhadap pendidikan hingga perjuangan para pelajar di pelosok negeri untuk bisa sekolah dengan segala keterbatasannya.

Tentunya, film-film ini memberikan edukasi kepada penonton. Selain itu, juga memberikan inspirasi dan hiburan bagi para pelajar untuk terus semangat dan giat belajar.

Nah, berikut rekomendasi film inspiratif tentang pendidikan yang bisa ditonton.


1. Guru-Guru Gokil (2020)

Guru-Guru GokilRekomendasi film Indonesia bertema pendidikan, Guru-Guru Gokil (Netflix)

Film drama komedi yang mengangkat sudut pandang guru terhadap dunia pendidikan ini berkisah tentang Taat (Gading Marten) yang mau tak mau menjadi guru di kampung halamannya demi mendapat penghasilan.

Ternyata, profesi ini mengajarkannya tentang banyak hal, termasuk pandangan soal kesuksesan dan kehidupan.

Taat yang semula hanya mengejar uang pun jadi ingin menjadi guru yang mengajar dengan bersungguh-sungguh.


2. MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

Film ini bercerita tentang perjuangan Tupon (Kinaryosih), ibu tunggal yang buta huruf dan kerap dihina karena tak pernah mengenyam pendidikan.

Namun, Tupon bertekad keras untuk memberikan kehidupan dan pendidikan bagi anaknya, Sekar (Acha Septriasa).

Kegigihan Tupon rupanya membuahkan hasil karena Sekar bisa terus bersekolah sampai ke luar negeri. Sekar berhasil masuk ke jurusan astronomi di Universitas Oxford di Inggris.


3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Ini merupakan film biografi Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau lebih dikenal sebagai H.O.S Tjokroaminoto.

Ia merupakan guru bangsa karena menjadi guru dari para pahlawan nasional, mulai dari Soekarno, Semaoen, Muso, Alimin, hingga Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

Film ini bercerita tentang perjuangan Tjokroaminoto yang kerap mengkritik pemerintah Hindia Belanda karena bertingkah semena-mena.

Tjokroaminoto kemudian mengajarkan para muridnya berbagai hal melalui organisasi Sarekat Islam (SI).


4. Sokola Rimba (2013)

sokola rimba (2013)Rekomendasi film Indonesia bertema pendidikan, Sokola Rimba (Visi Lintas Films)

Sokola Rimba merupakan film Indonesia bertema pendidikan yang mengangkat kisah Butet Manurung (Prisia Nasution), guru dari lembaga konservasi di wilayah pedalaman Jambi.

Suatu ketika, Butet bertemu dengan Nyungsang Bungo (Nyungsang Bungo), anak pedalaman Hilir Sungai Makekal yang menolongnya dan telah lama mengamati Butet ketika mengajar. Ia juga ingin diajar oleh Butet tapi dilarang oleh sukunya.


5. Negeri 5 Menara (2012)

Film yang diangkat dari novel populer Ahmad Fuadi dengan judul sama ini berkisah tentang kehidupan baru Alif (Gazza Zubizareta) di Pondok Madani di Ponorogo, Jawa Timur.

Mulanya, Alif kerap bersedih karena diminta orang tuanya sekolah di pesantren. Namun perlahan ia mulai menemukan keseruan setelah bertemu dengan teman-teman baru.

Alif juga selalu ingat dengan 'Man Jadda Wajada' yang berarti 'Siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil' yang menjadi pedomannya untuk sukses.


6. Laskar Pelangi (2008)

Verrys Yamarno, pemeran Mahar di film Laskar PelangiRekomendasi film Indonesia bertema pendidikan, Laskar Pelangi (Miles Production)

Laskar Pelangi adalah film pendidikan anak juga diangkat dari novel populer Andrea Hirata berjudul sama. Film ini mengangkat kehidupan 10 anak di SD Muhammadiyah di Belitung Timur, Bangka Belitung yang dikenal sebagai Laskar Pelangi.

Masing-masing anak memiliki kisahnya sendiri. Salah satunya Lintang (Ferdian) yang harus menempuh puluhan kilometer untuk bisa bersekolah, tapi merupakan pelajar yang cerdas.


7. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Denias, Senandung di Atas Awan merupakan film tentang pendidikan di pedalaman Papua yang diangkat dari kisah nyata Janias.

Janias merupakan anak Papua yang berjuang untuk terus mengenyam pendidikan. Namun, di film ini nama Janias diubah menjadi Danias.

Di sekolah, Danias dibantu oleh Pak Guru (Mathias Muchus). Film ini tak hanya menginspirasi dari sisi pendidikan, tapi juga menyuguhkan keindahan alam Papua.

Itulah tujuh film Indonesia bertema pendidikan yang sayang untuk dilewatkan. Film mana yang menginspirasi dan ingin kamu tonton?

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


7 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi - CNN Indonesia
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...