Rechercher dans ce blog

Thursday, March 23, 2023

Nonton Bareng Film 3D, RS Siloam Kupang Beri Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Otak - Pos-Kupang.com

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ikatan Dokter Bedah Indonesia bekerjasama dengan Rumah Sakit Siloam Kupang memberikan edukasi kesehatan otak bagi masyarakat dan medis.

Edukasi kesehatan otak disajikan dalam bentuk Film 3D yang diputar pada Studio 1 Bioskop Cinepoliz Lippo Plaza Kupang, Kamis 23 Maret 2023.
Film 3D tersebut bertema Kehebatan Otak Manusia Menentukan Peradaban Bangsa dan Potensi Bencana Yang Mengintainya.

Dalam film tersebut menceritakan pengalaman Tim Dokter Bedah Siloam yang menangani pasien dari berbagai daerah di Indonesia yang menderita penyakit muncul akibat terganggunya fungsi otak, seperti kanker, dan struk, serta tumor yang tumbuh di dalam sel batang otak.

Pasalnya otak menjadi pusat seluruh sistem kehidupan manusia dengan kebutuhan energi sebesar 20 persen dibandingkan organ tubuh lain, sehingga apabila sistem saraf kerja otak terganggu, maka manusia akan mengalami gangguan cacat bahkan dampak fatal berupa meninggal dunia.

Baca juga: Kabar Gembira, RS Siloam Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

Demi menjaga otak tetap sehat, maka setiap orang yang mempunyai beban pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi harus mampu mengatasinya dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan membaca berbagai literasi, mendengarkan musik sehingga dapat menyegarkan kembali beban pikiran yang berat.
Kegiatan penting lainnya berwisata ke alam bebas untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan, dan terpenting wajib berolahraga yang dijamin mampu menghilangkan stres dan merenggangkan otot selepas bekerja.

Selain pemutaran film, juga ada diskusi dan tanya jawab dari audience bersama Tim Dokter Bedah Siloam, Prof. Dr. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono Sp. BS, K, P.hD, dr. Donny Argue, Sp.BS, dan dr. Elric Brahm Malelak, Sp.BS.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Dr. dr. Eka Wahjoepramono Sp. BS, K, P.hD. mengatakan tujuan pemutaran film bertema kesehatan otak agar dapat memberikan pengetahuan umum bag masyarakat, karena otak menjadi indikator utama yang mempengaruhi peradaban bangsa.

"Otak memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sehingga menjaga kesehatan otak sangat penting," ungkap Prof. Dr. dr. Eka Wahjoepramono.

Pihaknya menambahkan, selain tindakan operasi otak, Tim Dokter Bedah Indonesia juga memberikan kuliah di berbagai universitas luar negeri dengan materi serupa, dan butuh waktu hampir 30 tahun untuk mendapat kepercayaan masyarakat.

Kedepannya Siloam yang awalnya  rumah sakit khusus menangani kesehatan Jantung, dan kedepanya akan mewujudkan operasi otak sehingga kedepannya masyarakat NTT yang melakukan operasi otak tidak lagi rujuk ke luar NTT karena di Siloam Kupang telah menyediakan tenaga medis dan fasilitas kesehatan yang memadai.

Direktur RS Siloam Kupang, dr. Andreas Wijaya mengatakan pihaknya hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat sekaligus memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan.

Baca juga: Rumah Sakit Siloam Kupang Sosialisasi Cara Cuci Tangan di SD GMIT Airnona 1 Kupang

"Kami tetap konsisten hadir memberikan pelayanan kesehatan maksimal, juga kami melakukan tanggungjawab sosial mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat," pungkasnya. 

Salah satu masyarakat, Theo Widodo mengatakan bahwa pemutaran film edukasi tentang kesehatan otak sangat penting terlebih masyarakat belum sepenuhnya menyadari peran dan fungsi otak.

"Pemeriksaan kesehatan otak sangat penting, dan masyarakat harus memahami akan peran otak yang memegang peran bagi kehidupan manusia, sehingga pentingnya melakukan pemeriksaan otak secara rutin agar tetap sehat," ujarnya.  (zee)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS 

Adblock test (Why?)


Nonton Bareng Film 3D, RS Siloam Kupang Beri Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Otak - Pos-Kupang.com
Kelanjutan Disini Klik

No comments:

Post a Comment

Facebook SDK

Featured Post

Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam - Tribun-Video.com

[unable to retrieve full-text content] Sinopsis Film Agak Laen Tayang 1 Februari di Bioskop, Ceritakan Rumah Hantu di Pasar Malam    Tribun...